Assalamu alaikum

Framework adalah sekumpulan fungsi dan class class yang sudah siap untuk digunakan. jadi dalam penggunaanya kita tinggal memanggil fungsi dan class class tersebut. jadi dalam pembuatan tampilan website dan lain lain akan lebih mudah dengan adanya framework ini.

saat ini terdapat banyak framework html dan css untuk membuat website dan sejenisnya. sangat banyak keuntungan menggunakan framework diantaranya adalah mempermudah pekerjaan programmer, pembuatan program lebih cepat dibanding tanpa menggunakan framework, dan masih banyak lagi manfaatnya.

selain itu, dengan menggunakan framework akan website lebih responsive, dan tampilan website akan lebih bagus. karena terdapat banyak fitur yang disediakan oleh framework tersebut. terdapat banyak framework html dan css di dunia.


berikut ini beberapa framework yang layak anda coba :

1. bootstrap
           Bootstrap merupakan  merupakan framework yang dikembangkan oleh tim twitter. website yang menggunakan bootstrap bisa dibilang sangat fleksibel, nyaman dan powerfull. Mungkin framework ini yang paling populer didunia, karena dibeberapa website tutorial yang saya kunjungi, framework inilah yang paling banyak dibahas. saat ini saya sendiri sedang mempelajari framework ini. selain karena tampilannya yang menarik, juga sangat powerfull, mudah, sangat responsive, dan website untuk referensinya pun banyak. mungkin framework ini cocok bagi bagi pemula.

2. foundation
          foundation merupakan framework yang dirilis oleh zurb. foundation juga kompatible dengan banyak browser, selain itu dukungan untuk HTML 5 dan CSS 3 cukup lengkap.website yang dibuat framework ini bisa dibilang sangat responsive. Foundation adalah framework open source dan tersedia di Github. jadi para pengembang didorong untuk berkontribusi dalam pengembangan platform ini.

3. gumby
             Gumby merupakan framework yang dikembangkan oleh Digital Surgeons. fitur yang ada framework ini agak mirip dengan framework bootstrap dan yang pasti framework ini juga mendukung fitur responsive. saat ini gumby sudah terdiri dari beberapa versi, versi terakhir saat ini adalah gumby 2.6. untuk kamu yang butuh framework yang simple serta mudah dipahami, saya rasa tidak ada salahnya mencoba framework gumby

             Skeleton adalah framework yang rilis pada tahun 2011.  Framework ini merupakan framework yang dikembangkan oleh Dave Gamache mantan karyawan Twitter yang pindah ke medium.com. Jadi tak heran jika Skeleton agak mirip dengan Bootstrap. Framework ini juga memiliki fitur responsive, ringan serta responseive.

        Nah demikianlah beberapa framework yang layak untuk anda coba. untuk menentukan mana yang terbaik semua tergantung pada anda, karena selera tiap orang berbeda serta tiap framework memiliki keunggulan masing masing/