16 Agustus 2019, saya berangkat ke Jakarta dalam rangka menyelenggarakan sekaligus mengawasi UKOM Nasional Tenaga Kesehatan 2019. Saya ikut sebagai tim IT. Saya berangkat bersama 2 orang lainnya, yang merupakan rekan kerja saya dari perusahaan.

Kami berangkat dengan bawaan yang cukup banyak dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menuju bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Garuda. Rencananya kami akan tinggal seminggu di Jakarta, karena ada 2 ujian berbeda yang tim kami urus.

Kami berangkat sekitar jam 11:30 AM dan tiba sekitar jam 01:00 PM, dari bandara kami menyewa taksi menuju hotel Haris di fx Sudirman. Sebenarnya ketika berangkat dari bandara kami ingin mencoba mobil listrik tesla (taksi), cuma waktu itu semuanya telah dipesan orang.

Ini adalah kedua kalinya dalam hidupku pergi ke Jakarta. Kunjungan pertama adalah di tanggal 28 Juni 2019, waktu itu juga karena kami mengawasi ujian mahasiswa kedokteran.

Mengunjungi Jakarta merupakan hal yang selalu saya nantikan. Sempat dulu saya berfikir, mungkin selama tinggal dan kuliah di pulau Jawa, saya tidak akan pernah menginjak Jakarta hingga akhirnya saya pulang ke Sulawesi. Namun akhirnya saya berhasil mematahkan prasangka itu.

Namun tidak ada waktu untuk bersantai, karena ujian akan diadakan beberapa hari lagi. Sejak sesampainya di hotel, kami masih sempat untuk makan siang, dan kemudian langsung bekerja. Saya ditugasi untuk mnyiapkan data mahasiswa yang akan ujian, ini memakan waktu dua hari, dan kemudian dilanjutkan lagi dengan validasi data.

4 hari kami di fx sudirman, kemudian berpindah ke hotel swiss bell di Tangerang. Disini kami masih tetap sibuk, di hari pertama saya ditugasi untuk mengcloning puluhan hardisk. kemudian dihari berikutnya memvalidasi setiap hardisk yang telah dicloning untuk kemudian dipacking dan disegel. ini memakan waktu selama 4 hari. Jumat 23 Agustus, kami kembali lagi ke fx sudirman untuk monitoring kelangsungan ujian.

Di hari H ujian, sabtu 24 agustus ujian telah berlangsung. Ujian ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi 1 di pagi hari dan sesi 2 di siang hari. Kesibukan terjadi di sesi 1, hal ini wajar karena ini ujian pertama jadi petugas lapangan harus di arahkan lagi, meski 2 hari sebelumnya telah diajari bagaimana menggunakan aplikasi ujian online, dan apa-apa saja yang harus mereka lakukan.

Namun setelah itu, sesi 2 hingga ujian hari berikutnya semuanya berjalan lancar hingga selesai. Ujian selesai di hari Ahad 25 Agustus 2019. Selesai ujian sekitar jam 5 lewat di sore hari, kami langsung ke Bandara dengan niat ingin segera kembali ke Semarang. Namun karena tidak mendapat pesawat sore itu, akhirnya kami pergi ke swiss bell hotel, dan pulang ke Semarang besok di pagi hari.

Berikut beberapa foto yang sempat saya ambil selama di Jakarta

tempatnya kebanyakan para cewek-cewek ngumpul