Assalamu Alaikum

HASIL PENELITIAN, TIDUR LEBIH DARI 8 JAM SEMALAM BERESIKO MATI MUDA

Kita mungkin sering mendengar kalau  kurang tidur bisa mengganggu  kesehatan. Tapi tidur berlebihan pun  ternyata bisa berdampak buruk bagi  tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, tidur lebih dari delapan jam semalam bisa berisiko kematian.


Jadi hati hatilah bagi anda sering tidur berlebih, utamanya bagi para mahasiswa yang suka tidur apalagi kalau lagi tidak kuliah biasanya tidur  sampai tengah hari. Selain bikin kita malas juga kalau dibiasakan, bawaanya akan selalu ingin tidur. Jadi resiko untuk tidur semakin besar begitupun resiko kematian.

Para peneliti dari University of Warwick, dikutip dari metro, menganalisis 16 penelitian termasuk data tidur dari sedikitnya satu juta orang. Profesor Franco Cappuccio menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam semalam memiliki risiko mati muda lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 6-8 jam
per malam.

Profesor Franco Cappuccio mengacu pada penelitian jangka panjang yang menganalisis angka kematian orang berdasarkan waktu tidur mereka. Setelah 10 tahun, 12 persen orang meninggal adalah mereka yang tidur kurang dari 6 jam, tapi 30 persen diantaranya adalah mereka yang tidur lebih dari 8 jam.

Tingginya risiko kematian ini juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan minum kopi beberapa gelas sehari. Profesor Franco kemudian menambahkan kalau data yang ia dapat itu adalah data orang-orang yang mengalami depresi atau menggunakan obat tidur.

Ia juga meyakini kalau orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam per malam adalah mereka yang sebelumnya sudah punya penyakit bawaan yang membuat mereka tidur lebih lama dari biasanya.

Demikian yang bisa saya sampiakan
semoga bermanfaat

Wassalmu Alaikum Wr Wb.