Assalamu Alaikum Wr Wb.


         Kasus baterai meledak atau terbakar tak jarang ditemui belakangan ini di seluruh dunia (seperti bom aja). Sebagai contoh, baru-baru ini terjadi kasus baterai ponsel gadis Kanada meledak saat sedang tidur dan mengakibatkan bantalnya terbakar dan masih banyak lagi kasus serupa 
di dunia tidak terkecuali di indonesia.

Pada kenyataannya, meledak atau terbakarnya baterai bukan hanya dikarenakan oleh kesalahan baterai. Penyebab yang sering memicu baterai meledak atau terbakar ialah penggunaan baterai atau charger yang bukan original.

Baterai lithium sendiri mengalami sedikit permasalahan yang disebut sebagai Thermal runaway, di mana panas berlebih dapat meningkat hingga dua kali lipat. Oleh sebab itu, baterai lithium dilengkapi dengan sistem yang melindungi dapat mencegah terjadinya over charging  (pengisian berlebih),serta meminimalisir reaksi berbahaya dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Secara umum, guna menghindari baterai meledak atau terbakar, ada beberapa hal yang dapat Anda  lakukan . Berikut ini disajikan tips mencegah baterai ponsel tak meledak,  sebagaimana dilansir Androidpit :

Menggunakan beterai asli pabrikan atau merek pengganti terkenal yang dapat anda percaya.  Masalahnya, beberapa orang utamanya indonesia lebih memilih membeli baterai murah dan  tidak mempertimbangkan berapa banyak kerugian yang dialami untuk ponsel Anda nanti.  Yang perlu dipertimbangkan kerugian yang harus anda tanggung nantinya,  jadi jangan  tergiur oleh barang murah yang tidak jelas kualitasnya. Karena bisa bisa keselamatan anda yang menjadi taruhannya.

Selanjutnya adalah dengan tidak meletakkan perangkat ponsel pada area  panas, terutama pada saat di charging, sebab hanya membuat masalah overheating semakin buruk. Sekedar informasi, suhu lingkungan  juga ikut andil mempengaruhi kondisi baterai ponsel. Selain itu sebaiknya jangan menggunakan smartphone anda pada saat di charging.

Jika Anda sedang mengisi daya ponsel atau menggunakan fungsi lain yang menyebabkan  panas meningkat, pastikan menggunakannya pada tempat berventilasi, yang merupakan  tips agar baterai ponsel tak mudah meledak.

Mengisi baterai Anda setelah menyentuh 50 persen merupakan hal yang baik, beterai Li-ion  tidak menderita masalah memori seperti beberapa beterai lainnya, tetapi mereka dapat rusak  oleh tegangan rendah.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu alaikum Wr Wb.