Assalamu Alaikum Wr Wb.
Menggunakan BPMN (Business Process Modeling Notation) untuk pemodelan bisnis proses

BPMN (Business Process Modeling Notation) merupakan suatu notasi grafis yang digunakan untuk menggambarkan logika dari langkah-langkah yang terdapat didalam sebuah bisnis proses.

Notasi pada BPMN didesain khusus untuk mengkoordinasikan urutan proses dan yang mengalir antara bagian (peserta) dalam aktivitas yang berbeda.

BPMN merupakan metodologi pemodelan proses yang menciptakan penghubung yang dapat mengurangi kesenjangan antara bisnis proses dan pelaksanaannya. BPMN sendiri merupakan standar pemodelan proses yang diterima secara internasional.

Proses Bisnis Modeling Notation - BPMN - menyediakan bahasa umum yang memungkinkan semua pihak yang terlibat proses untuk berkomunikasi dengan jelas, benar dan efisien.  Dengan cara ini, BPMN mendefinisikan notasi dan semantik Diagram Proses Bisnis (BPD).

BPD adalah diagram berdasarkan teknik 'Flowchart', yang dirancang untuk menyajikan urutan grafis dari semua kegiatan yang terjadi selama proses. Ini juga termasuk semua  informasi relatif untuk membuat analisis.

BPD adalah diagram dirancang untuk penggunaan analis proses yang merancang, mengendalikan dan mengelola proses. Dalam diagram BPD ada serangkaian elemen grafis yang dikelompokkan ke dalam kategori.

Adapun elemen elemen dari BPMN adalah
1    .      Flow object
2    .      Data
3    .      Connecting objects
4    .      Swimlanes
5    .      Artifacts

Flow object merupakan elemen grafis utama untuk menentukan perilaku yang ada di dalam bisnis proses.
·         Events
·         Activities
·         Gateways

Data elemen yang dapat direpresesntasikan kedalam 4 elemen berikut :
1    .      Data Obejcts
2    .      Data Inputs
3    .      Data Outputs
4    .      Data Stores

Connecting Obejcts merupakan penghubung antara objek yang ada yang menggambarkan aliran informasi. Connecting objects dapat direpresentasikan kedalam bentuk bentuk dibawah ini :
·         Sequence Flows
·         Message Flows
·         Associations
·         Data Associations

Swimlanes digunakan untuk mengelompokkan pemodelan. Bentuknya yaitu :
1    .      Pools
2    .      Lanes

Artifacts berfungsi untuk  memberi informasi tambahan tentang proses. Artifacts ini bebas digunakan sebanyak yang diperlukan oleh pemodel atau alat pemodelan. Bentuknya terbagi 2 yaitu :
·         Group
 Text Annotation

Bersambung ke ... element flow object pada BPMN (Business Process Modeling Notation)